Sunday, January 17, 2016

Khasiat dan Manfaat Kunyit Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Khasiat Kunyit, Manfaat Kunyit, Obat Berbagai Penyakit
Manfaat Kunyit

Kunyit atau kunir (Curcuma domestica Val.) merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang dapat digunakan sebagai obat maag. Zat mineral berupa magnesium bsesi, mangan dan yang lainya dipercaya berfungsi untuk menghilangkan rasa kembung dan menetralkan asam lambung yang berlebih. Simak penjelasan lebih lanjut tentang manfaat kunyit di artikel berikut.

Beberapa Manfaat Kunyit

Berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat kunyi diantaranya adalah sebagai obat dari berbagai macam penyakit.

Sebagai Bumbu Masak

Kunyit banyak sekali ditemukan disekitar kita. Di pasar atau diwarung dekat rumah, pasti kunyit mudah kita jumpai. Kebanyakan kunyit digunakan sebagai rempah bumbu untuk memasak. Khususnya untuk memasak daging, ayam atau ikan. Disini manfaat kunyit sebagai penghilang bau amis yang ditimbulkan olah ikan atau ayam.

Sebagai Pewarna Makanan

Salah satu manfaat kunyit yang lain adalah digunakan sebagai pewarna. Warna kuning yang dihasilkan oleh kunyit memang begitu tajam. Apabila anda memarut seruas jari saja, maka warna dari kunyit ini akan membekas di tangan anda berhari-hari. Kunyit baik digunakan sebagai bahan pewarna makanan karena tidak berbahaya.

Sebagai Jamu Atau Obat Berbagai Penyakit

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa manfaat kunyit diantaranya adalah untuk mengobati beberapa penyakit. Berikut beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi kunyit secara teratur. 

  • Manfaat Kunyit Sebagai Penurun Tekanan Darah


Kunyit apabila dicampur dan diramu dengan bahan lain seperti daun pegagang dan madu. Dapat digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Cara yang dilakukan juga tergolong cukup mudah. Hanya merebus ketiga bahan tersebut dengan dosisi tertentu dan diminum secara rutin dipercaya dapat menurunan tekanan darah.

  • Kunyit Untuk Obat Diare

Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang usus. Biasanya penderita diare akan buang air besar secara berlebihan. Ini mengakibatkan  penderita merasakan lemas dan lesu serta kurang napsu makan.

Salah satu zat yang  terkandung dalam kurkumin atau kunyit dapat digunakan untuk mencegah peradangan pada usus dan anti biotik untuk bakteri yang menyerang. Dalam hal ini manfaat kunyit berperan ganda, sebagai anti biotik dan anti peradangan.

  • Manfaat Kunyit Untuk Menghilangkan Bau Badan

Bau badan yang tidak enak dapat disebabkan karena metabolisme dalam tubuh yang kurang lancar. Sehingga sekresi yang dihasilkan oleh keringat kita berbau kurang enak. Kunyit asam atau kunyit yang dicampur dengan asam jawa ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan tidak sedap dari dalam. Memperlancar datang bulan dan melangsingkan tubuh.

Demikian beberapa manfaat kunyit sebagai obat dari berbagai macam penyakit. Sebenarnya masih sangat banyak sekali penyakit yang dapat disembuhkan dengan kunyit. Simak terus postingan shareilmu.blogspot.com untuk manfaat kunyit yang lainya. Sekian dan semoga bermanfaat.