Saturday, October 15, 2016

Tekanan Darah TInggi, Faktor Penyebeb dan Cara Mengatasinya

Tekanan Darah Tinggi - Pernahkah anda merasakan sakit di kepala bagian belakang. Tepatnya lehe tengkuk terasa kaku dan pegal ? Mungkin anda mempunyai tekanan darah yang tidak stabil. Entah itu tinggi ataupun rendah. Kali ini, bagiilmu akan mencoba untuk membahas tentang Tekanan Darah Tinggi, Faktor Penyebab dan Cara Mengatasinya.

Tekanan Darah Tinggi Adalah ?

Mungkin sebagian dari anda yang sedang membaca tulisan ini sudah tahu apa yang dimaksud dengan tekanan darah tinggi. Bagi yang belum, inilah pengertian tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi, hipertensi

Tekanan darah manusia terbagi menjadi dua. Yaitu sistol dan diastol begitu orang medis menyebutnya. Sistol adalah tekanan darah pada saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. 

Sedangkan diastol adalah tekanan pada dinding arteri ketika jantung dalam masa fase transisi. Artinya dalam jeda antara dua pompaan.

Berapa Tekanan Darah Normal Pada Umumnya ?


Yang dimaksud dengan tekanan darah tinggi adalah apabila tekanan pada dinding arteri pada saat jantung memompa darah dan pada fase istirahat di dua pompaan melebihi nilai normalnya.

Berapa tekanan darah normal pada umumnya ? 

Tekanan darah normal pada keadaan biasa sekitar 130/90 mmHg. Tekanan darah tersebut dapat naik dan turun sementara karena faktor keadaan. Seperti orang yang baru saja berjalan jauh atau orang dalam tekanan yang berat.

Tekanan darah tinggi adalah apabila tekanan darah seseorang diukur pada beberapa waktu memounyai nilai yang lebih tinggi dari nilai normal yang telah disebutkan diatas.

Apa Penyebab Tekanan Darah Tinggi ?


Nah mungkin anda penasaran, apa sih sebenarnya penyebab tekaanan darah menjadi tinggi. Lalu memangnya kenapa kalau tekanan darah tinggi ?

Menurut dari berbagai sumber penulis mencoba untuk menyimpulkan beberapa faktor resiko seseorang mempunyai gejala tekanan darah tinggi. Diantaranya sebagai berikut :

  • Telah beranjak usia sekitar 65 tahun
  • Orang yang mempunyai kebiasaan mengkonsimsi banyak garam
  • Orang yang memiliki berat badan berlebih (Obesitas)
  • Keturunan yang mengidap hipertensi
  • Kurang Olahraga
  • Kebiasaan minum-minuman keras dan
  • Coffeholik atau suka sekali minum kopi
Sebagaian pembaca yang berusia muda mungkin akan berkata, saya kan belum 65 tahun. Berarti saya aman dari penyakit ini.

Belum tentu, penulis saat tulisan ini dibuat berusia 31 tahun. Akan tetapi beberapa bulan belakangan sering merasakan sakit kepala bagian belakang. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata benar, tekanan darah yang biasanya normal sekarang menjadi tinggi.

Itu artinya, usia tidak mutlak menjadi faktor seseorang beresiko terkena darah tinggi. Tapi ada banyak faktor yang lain yang bisa menyebabkan seseorang mengalami telanan darah tinggi ini.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Ini yang ditunggu - tunggu. Lalu bagaimana cara mengatasi tekanan darah tinggi. Saya bagi menjadi dua sub pembahasan. Pada dasarnya keduanya hampir sama.


1. Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi


Bagi anda yang belum memiliki resiko tekanan darah tinggi. Mungkin akan mengesampingkan penyakit ini. Meskipun anda hidup dalan faktor resiko yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi menghampiri anda.

Sebaiknya, sebelum anda merasakan gejala yang terjadi. Jika anda hidup dalam faktor resiko lebih tunggi untuk terkena penyakit ini. Saran saya, kontrol pola hidup anda, berikut caranya :

  • Batasi anda dari minum kopi terlalu berlebihan
  • Hentikan kebiasaan minum alkohol apabila anda adalah seorang peminum
  • Kalo bisa hentikan kebiasaan merokok
  • Pikirkan untuk memulai olah raga setiap hari minimal 30 menit
  • Biasakan pola makan sehat dengan banyak sayur dan buah

2. Cara Mengobati Tekanan Darah Tinggi


Ini untuk anda yang telah tanpa sadar terkena penyakit darah tinggi. Seperti saya, mudah - mudahan kita semua mampu untuk menghindari penyakit ini. 

  • Konsultasikan penyakit anda pada ahlinya (dokter)
  • Ikuti apa saran dokter tentang makanan dan pola hidup anda
  • Minum obat yang diberikan dokter secara teratur
  • Manage sterss anda dengan benar
  • Paksakan untuk olah raga teratur
  • Hentikan kebiasaan hidup yang dapat beresiko meningkatkan tekanan darah
Bagaimana ? Apakah anda juga ingin memperbaiki pola hidup anda. Mulailah dari sekarang unutk membiasakan diri dengan pola hidup sehat. Ketika kebiasaan kita sudah benar, penyakit apapun tidak akan menghinggapi kita.

Sekian semoga bermanfaat, sampai jumpa di tips berikutnya. Salam bagi ilmu.

Next
This Is The Current Newest Page