Monday, August 8, 2016

Tips Mengatasi Masuk Angin Secara Alami

Tips Mengatasi Masuk Angin Secara Alami - Hampir setiap orang pernah mengalami sakit yang satu ini. Meskipun tidak dikenal dalam dunia medis, namun istilah ini amat sangat familiar di telinga sebagian besar penduduk Indonesia. 



Masuk Angin, entah bagaimana asalnya, tetapi ini adalah sebuah penyakit yang dapat menyerang siapa saja. Nah kali ini Share Ilmu akan mencoba berbagai tips mengatasi masuk angin secara alami. Bagaimana caranya ? Simak penjelasanya sesaat lagi.

Sahabat Ilmu dimanapun anda berada. Saya yakin anda juga pernah mengalami hal yang sama, yaitu masuk angin. Memang dalam dunia medis tidak ditemukan istilah ini, namun entah dipercaya atau tidak hal ini memang nyata adanya. 

Saya tidak akan membahas definisi masuk angin secara gamblang, lengkap dan jelas. Namun menurut hemat saya, masuk angin adalah sebuah perubahan yang terjadi pada tubuh yang membuat rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh masuknya angin ke dalam tubuh hingga membuat peredaran darah tidak lancar. 

Masuk angin seringkali tidak menunjukan gejala yang sama antara orang yang satu dengan yang lainya. Namun ada beberpa ciri yang kadang sering didapati ketika seseorang mengalami masuk angin. Berikut beberapa ciri khas yang biasanya dirasakan :

Ciri - Ciri Masuk Angin

  • Badan tidak enak ( Nggreges, sedikit demam, kaku dan lesu)
  • Sakit kepala atau pusing
  • Perut kembung kadang juga mual dan muntah wajar
  • Terus menguap ( Ngantuk berlebihan disertai mata berair dan perih)
Sekali lagi disini saya katakan bahwa tidak semua orang memiliki ciri yang sama ketika mengalami masuk angin. Namun ciri  diatas dapat anda jadikan indikasi bahwa anda mengalami masuk angin.

Nah lalu bagaimana cara mengatasi masuk angin dengan cara alami ? Memang apabila anda pergi ke apotik atau ke dokter dengan keluhan masuk angin, anda tidak akan menemukan obat kimia untuk mengobati masuk angin. Jadi memang pengobatan dilakukan dengan cara alami.

Tips Mengatasi Masuk Angin Secara Alami


Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi tips - tips yang biasanya penulis lakukan apabila mengalami masuk angin. Ada beberapa metode yang dapat dilakukan. Penulis kadang mengkombinasikanya dengan obat apotik tetapi kadang juga murni cara alami.


  • Kerok/ Kerik " Kerokan" - ini adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah tindakan dimana bagian tubuh (punggung) dikerik dengan koin (uang logam) yang terlebih dahulu dilumuri dengan minyak kayu putih atau yang lainya. 
  • Bila sakit kepala tidak tertahankan dan anda masih dalam aktifitas, maka setelah melakukan langkah diatas anda bisa mengkonsumsi obat sakit kepala
  • Teh jahe plus madu - Ramuan ini dibuat dengan cara merebus air yang didalamnya dimasukan dua ruas jahe (dimemarkan), dan teh. Masak hingga air surut setengahnya, Tuang dalam gelas dan tambahkan dua sendok makan madu. Minum kemudian istirahat
Sahabat Ilmu dimanapun anda berada. Demikian beberapa tips yang biasanya penulis lakukan ketika mengalami yang sering disebut dengan masuk angin. Mudah - mudahan dapat bermanfaat untuk pembaca semua. 

Sekian dulu dari saya. Salam ilmu.....