Monday, September 12, 2016

Fungsi Audiometer Untuk Tes Gangguan Pendengaran

Fungsi Audiometer - Taukah anda apa itu Audiometer ? lalu apa fungsi audiometer ini ? Bagi Ilmu kali ini akan berbagi pengetahuan tentang alat tes gangguan pendengaran. Jangan beranjak dari tempat anda, simak penjelasanya sesaat lagi.

Audiometer


Mungkin ketika anda mendengar kata audiometer untuk pertama kalinya, dalam benak anda akan berfikir mengenai suara atau audio.

Memang tidak sepenuhnya salah. Audiometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur daya tangkap suara yang masuk ke telinga manusia atau dikenal dengan istilah ambang pendengaran.

Audiometer juga digunakan untuk menentukan derajat dan jenis gangguan pendengaran yang dialami seseorang. Biasanya ini dilakukan pada orang yang dalam keseharianya terpapar kebisingan. Seperti para pekerja yang berada di lingkungan dengan kebisingan tinggi.

Pemeriksaan dengan alat ini sebenarnya merupakan prosedur bagian dari keselamatan kerja (K3). Untuk menjamin kesehatan pekerja termasuk juga indikasi gangguan pendengaran karena terpapar bising yang terus menerus dalam waktu lama.


Fungsi Audiometer Untuk Tes Gangguan Pendengaran

Fungsi Audiometer Untuk Tes Gangguan Pendengaran

Dengan audiometer ini, seseorang diperiksa dengan cara mendengarkan gelombang suara dengan level tertentu pada rentang frekuensi yang berbeda.

Seseorang yang mempunyai pendengaran normal cenderung akan mendengar seluruh rentang frekuensi pada tingkat kekerasan tertentu.

Ukuran untuk pendengaran normal adalah dibawah 25 dB.

Gangguan pendengaran akan dapat dideteksi dengan melihat audiogram yang dihasilkan dari tes audiometri ini.

Grafik audiogram telinga normal akan sangat jelas berbeda apabila dibandingkan dengan telinga yang memiliki indikasi gangguan pendengaran. Apabila dari hasil tes audiometer ini dihasilkan adanya ketidak normalan fungsi pendengaran.

Biasanya anda akan dirujuk untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit dengan dokter spesialis THT.

Dimana Tes Audiometer dapat Dilakukan



Untuk saat ini, harga alat tes pendengaran ini tergolong sangat mahal. Bagi anda yang merasa terlalu sering terpapar kebisingan di tempat kerja.

Anda bisa meminta kepada atasan anda untuk melakukan tes pendengaran dengan biaya perusahaan sebagai jaminan keselamatan kerja. Perusahaan bisa menyelenggarakan dengan mengundang dokter atau dari laboratorium untuk melakukan pemeriksaan terhadap pekerjanya.

Atau perusahaan dapat membentuk badan atau tim yang bertugas untuk mengontorl keselamatan kerja pekerjanya kemudian membeli atal ini.

Bagi anda yang tidak bekerja di sebuah perusahaan. Anda ingin melakukan tes pendengaran. Anda bisa menemui dokter THT ke rumah sakit atau laboratorium klinik yang sudah dilengkapi alat audiometer.

Tips Menjaga Kesehatan Telinga


Apabila anda merasa tidak mempunyai gangguan pendengaran. Ada baiknya anda menjaganya dari bahaya kebisingan di sekitar anda.

Berikut sedikit tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga anda dari gangguan kebisingan.
\

  • Jangan mendengarkan musik dengan suara terlalu keras apalagi dilakukan rutin dalam jangka waktu yang cukup lama
  • Jangan terlalu sering menggunakan earphone, baik untuk menelpon atau mendengarkan musik dalam waktu lama
  • Gunakan penutup telinga apabila anda bekerja di lingkungan dengan tingkat kebisingan yang tinggi
  • Segera hubungi dokter ketika anda merasakan ada gangguan di telinga anda.

Demikian saja sekedar berbagi informasi untuk anda semua. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di kesempatan yang lain.