Thursday, May 19, 2016

Saturnus Masuk Dalam Teleskop Ku

Malam ini, Kamis 19 mei 2016 tepatnya malam jumat adalah jadwal ronda malam giliran ku. Seperti biasa aku dan teman - teman rondaku brkumpul di posko. Namun posko untuk kami berkumpul adalah di teras rumah ku. Kebetulan posko  yang biasa kami tempati sudah tidak dipaka karena rusak.

Selain itu juga karena kebetulan malam ini kondisi langit yang cukup cerah, aku ingin mencoba bereksplorasi melihat bintang ataupun planet di langit dengan teleskop ku. Planet yang di incar diantaranya adalah mars, jupiter dan saturnus. Karena tiga planet tersebut yang dapat dipastikan bisa terlihat jelas dengan teleskop ku.



Teleskop celestron miliku aku beli di amazon. Kebetulan sodara ku ada yang tengah bekerja disana. Amerika, aku memintanya untuk membelikan untuku dan mengirimkanya ke sini. Tidak terlalu besar, jenis reflektor teleskop ini cukup bagus untuk melihat bulan dan planet lainya.

Bagaimana kita bisa tahu kalo itu planet atau bintang. Mungkin teman - teman banyak yang belum tahu ada aplikasi yang bernama sky map. Dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui dimana letak planet yang akan kita lihat. Jalankan aplikasi kemudian arahkan ke langit. Sobat akan tahu dimana posisi dal letak planet berada.

Nah, setlah diketahui barulah kita arahkan teleskop kita ke arah sana. Dengan eye piece 20 mm dsn 4 mm saturnus bisa kami lihat dengan jelas. Walaupun tidak terlalu besar tetapi sangat cantik sekali. Kami benar - benar merasa seperti astronom ulung. Heheeh